Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/k5444188/public_html/plugins/content/jplayer/jplayer.php on line 32

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Lev Grossman dalam TIME, 12 Pebruari 2009 yang lalu menuliskan opini terbarunya tentang Facebook. Ini bukan pertama kali majalah TIME membahas situs karya Mark Zuckerberg dan teman-temannya ini. Pada awalnya, wawancara TIME dengan Zuckerberg pada tahun 2007 mencerminkan optimisme bahwa Facebook (selanjutnya disingkat FB) ini akan mengalami booming yang luar biasa. Ramalannya ini terbukti. Situs jejaring sosial terbesar di dunia ini telah memiliki pengguna aktif sebanyak lebih dari 15 juta orang (menurut Grossman) atau bisa jadi lebih banyak lagi. Zuckerberg sendiri dalam wawancara 2007 mematok angka 30 juta pengguna aktif.

FB karya Zuckerberg memang fenomenal. CEO FB dengan nama lengkap Mark Elliot Zuckerberg ini bahkan menjadi amat sukses dari segi finansial. Tahun 2008 yang lalu ia tercatat sebagai orang terkaya ke-321 versi majalah Forbes dengan kekayaan sekitar 1,5 milyar dollar. Kekayaannya ini menurun tahun ini menjadi di bawah 1 milyar dollar. Namun, ia tetap orang kaya termuda yang pernah masuk dalam jajaran 400 orang terkaya di dunia. Tahun ini ia berusia 25 tahun.

Dengan pengguna aktif di atas 15 juta orang, FB jelas tidak aneh lagi. Lebih-lebih, ada yang mengatakan, FB tidak keren lagi. Saya teringat ketika pertama kali aku menggunakan FB, banyak komentar bahwa saya 'gaul'. Oke, memang saya banyak ketemu teman di sini. Memperoleh teman-teman baru, menemukan kembali teman-teman lama. Mungkin, memang FB situs tergaul yang pernah ada. Tapi, bagi sebagian orang, ia jelas tidak keren sekarang. Itulah hukum dalam dunia manusia. Kalau sesuatu atau seseorang menjadi sangat berhasil, ia pasti akan mengundang kritik-kritik yang super tajam pula. Ingat kasus Microsoft? Musuh-musuhnya bertambah seiring dengan kesuksesannya.

Bagi saya pribadi, FB tetap punya 'kekerenan'. Ada beberapa kehebatan FB yang patut diapresiasi:

1. Gratis! Saya pernah mencoba situs-situs jejaring sosial untuk mencari teman-teman lama. Setelah dipindah-pindah ke beberapa halaman pendaftaran, akhirnya saya baru tahu bahwa untuk menjadi anggota harus bayar.

2. Sangat interaktif. Mudah sekali 'ngobrol' dengan teman-teman kita: janjian, bikin rencana acara bersama, bahkan menjalin kerjasama dalam bisnis. Kalau mau mengumumkan sesuatu, cukup muat saja di FB, pasti banyak yang akan mengetahui dan menanggapinya. Misalnya, begitu status kita berubah menjadi in a relationship, seantero jagad FB kita pun ikut senang! Bisa jadi iklan pula: iklan bisnis, iklan jodoh (?).

3. Menarik dan menghibur. Memang, yang paling berperan membesarkan situs ini ialah para pengguna. Foto-foto, video-video, artikel, dan catatan-catatan dalam situs ini luar biasa kaya dan menariknya. Tidak heran, kita bisa ketawa, menangis, dan bersemangat lagi saat mem-browse halaman-halaman dalam FB.

4. Ajang kreasi. Setiap pengguna FB bebas berkreasi, beropini. Tidak ada badan sensor di sini. Semuanya transparan.

Namun, FB, seperti pendapat para pengritiknya, memang punya kelemahan-kelemahan:

1. Adiktif. Hei, itulah sisi lain dari pedang bermata dua! Segala yang menarik dan menghibur punya potensi besar membuat orang kecanduan. Berapa banyak waktu anda yang akhirnya habis dipakai untuk main FB? Sudah mulai ada gangguan fesbukisme terdeteksi. Suami dan anak-anak terlantar, pekerjaan terbengkalai, karena FB.

2. Tidak gratis dalam arti sepenuhnya. Baru-baru ini ada kecaman hebat kepada FB dan situs-situs jejaring sosial seperti My Space. Sebabnya, segala upload yang masuk ke dalam situs-situs ini akhirnya menjadi milik mereka. Artinya, foto-foto, video-video, tulisan-tulisan, dan informasi-informasi pribadi para pengguna bisa didistribusikan secara bebas oleh para pengelola situs. Bahkan kalau kita sudah mencabut akun kita pun, data-data kita tetap ada di tangan mereka!

3. Santapan empuk bagi para cyber-criminals. Tahukah anda berapa banyak orang yang menggunakan tanggal ulang tahunnya sebagai kata kunci (password) untuk ATM mereka? Jangan, sekali lagi jangan menuliskan tanggal lengkap ultah anda di profil FB! Selain itu, pembajakan foto, video, dan tulisan pribadi semakin marak terjadi sekarang. Untuk yang terakhir ini, perlu ekstra waspada. Catatan-catatan pribadi dalam internet bisa di-hack dan diubah sehingga seolah-olah itu pendapat pribadi yang bersangkutan. 

4. Menghabiskan waktu. Meskipun kita tidak kecanduan FB, kadang-kadang ia tetap bisa membuat kita kehabisan banyak waktu. Bill Gates akhirnya berhenti menggunakan FB karena ia bisa mendapatkan 8000 lebih friend requests dalam satu hari! Well, that's what it takes becoming a celebrity.

Tuhan memberkati.

www.carmelia.net © 2008
Supported by Mediahostnet web hosting